Pemdes Pinamorongan Gelar Pelatihan Desain Dan RAB Bagi Para Kader Teknik Desa

0 29

Dodokunews, MINSEL – Pemerintah Desa (Pemdes) Pinamorongan menggelar Pelatihan Desain dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) bertempat di Kantor Desa Pinamorongan, Senin (12/09/2022).

 

Bimbingan teknis atau pelatihan yang diikuti oleh 15 orang peserta ini juga melibatkan seluruh perangkat desa, pendamping desa dan perangkat kecamatan. Dan kegiatan ini dibuka langsung oleh Camat Tareran Hizkia Kondoj S.sos.

 

 

Menurut Yeane Rompas, ST selaku pembawa materi, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan para peserta tentang bagaimana cara prosedur penyusunan dokumen RAB infrastruktur, memahami tahapan pekerjaan suatu kegiatan infrastruktur desa, memahami cara menghitung volume pekerjaan (TOS) dan memahami harga satuan pekerjaan (HSP).

 

Sementara itu, Hukum Tua Desa Pinamorongan, Fadli K R Langi berharap dengan adanya pelatihan ini, para pelaksana kegiatan dan kader teknik desa dapat dengan cermat dalam membuat desain dan RAB ke depan.

 

“Harapan saya, kiranya dengan adanya Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan kader teknik desa dalam pembuatan Desain dan RAB, memberdayakan desa menjadi desa yang mandiri dan meningkatkan kemampuan desa dalam penyusunan rencana kegiatan pembangunan fisik,” terang Fadli.

Fadli pun berharap kedepannya pembangunan di Desa Pinamorongan dapat berjalan dengan baik dikarenakan adanya para kader kader teknik di desa yang sudah berkompeten di bidangnya.

 

“Kiranya dengan adanya kader-kader teknik yang sudah ahli di bidangnya, kedepannya pembangunan infrastruktur di Desa Pinamorongan ini bisa semakin lebih bagus dan tertata rapih, baik dari penyusunan dokumen, penyusunan desain dan RAB hingga pada pelaksanaannya,” pungkasnya.

 

 

(Vhena)

Leave A Reply

Your email address will not be published.