Rumambi: Status Gunung Soputan Level 2

0 29

MINSEL, Dodokunews- Terletak di Desa Silian Tengah, Gunung Soputan berjarak sekitar 50 kilometer di sebelah barat daya- selatan kota Manado dan berjarak sekitar 12 kilometer di sebelah Timur Laut kota tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara.

Adapun gunung Soputan terakhir meletus pada 2018 silam. Statusnya sampai hari ini Kamis, 12 September 2024 berada di level 2.

oplus_0

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah (PGAMBGT) Kementerian ESDM Wilayah Sulawesi- Maluku, Juliana Doris Jane  Rumambi, ST usai Sosialisasi Mitigasi Bencana Geologi di Hotel Sutanraja Amurang pada, Kamis 12 September 2024.

Dirinya menyampaikan sampai saat ini status gunung Soputan berada di Level 2. Kendati demikian, PGAMBGT terus melakukan pemantauan selama 24 jam sehari guna mengecek sejauh mana/tanda-tanda gunung tersebut akan bereaksi.

“Sejauh ini kegempaan gunung Soputan tidak ada peningkatan aktifitas dan masih tetap aman. Meskipun demikian masyarakat sekitar harus tetap waspada dan berjaga sebab kita tidak tahu kapan gunung itu akan bereaksi”, pungkasnya.

(12314)

Leave A Reply

Your email address will not be published.