Tingkatkan Fungsi dan Tupoksi, Pemdes Rumoong Bawah Laksanakan Pelatihan Kapasitas Kader Posyandu

0 11

MINSEL, Dodokunews- Pemerintah desa Rumoong Bawah, Kecamatan Amurang Barat melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi kader posyandu.

Hal ini dilakukan guna memberikan pemahaman serta pengetahuan, khususnya program stunting. Pun meningkatkan kapasitas kader dalam melaksanakan tugasnya, pemberian makanan tambahan bagi balita dalam rangka peningkatan gizi.

Selanjutnya, semua Kader Posyandu semakin memahami kewajiban tugas dan Fungsi nya di dalam Kegiatan Penyelenggaraan Posyandu di Desa Rumoong Bawah.

Hukumtua desa Rumoong Bawah, Sandra Rampisela pada Rabu, 27 Desember 2023 menyampaikan bahwa pelatihan kader posyandu ini sangat penting dilakukan dalam menunjang program pemerintah dalam penanganan masalah stunting. Pun memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab saat berada di lapangan, ucapnya.

Terkait masalah kurang gizi dan stunting dirinya menyampaikan, bahwa merupakan dua masalah yang saling berhubungan. Pencegahan  stunting menjadi  tanggung  jawab   bersama.  
” Kader  posyandu sebagai perwakilan  masyarakat  memiliki  peran  yang  besar   demi   terlaksananya   intervensi   yang  efektif untuk menurunkan angka  stunting balita. Peningkatan kapasitas kader posyandu sangatlah penting untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran kader posyandu, sehingga diharapkan kedepan pelayanan posyandu akan lebih baik.

Kader posyandu sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak harus berperan lebih aktif untuk menciptakan generasi muda yang lebih produktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan kepada kader Posyandu. Tujuan dari kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu sebagai upaya pencegahan stunting pada balita, pungkasnya.

Sembari menjelaskan dalam pelatihan mengunakan dana desa (APBDes).

Selaku pembawa materi yakni Camat amurang barat, hanny N. C. Kondoy,
Kapus Ambar dr. Susy Kandow serta
Pendamping Desa Ika Somba.

(12314)

Leave A Reply

Your email address will not be published.