Pemdes Torout Rutin Berikan Pelayanan Kesehatan serta Bantuan Bagi Bumil, Lansia, Bayi dan Balita

0 14

MINSEL, Dodokunews- Ibu hamil, lansia, bayi dan balita serta pencegahan stunting secara rutin mendapatkan bantuan yang dianggarkan dari Dana Desa serta mendapatkan pelayanan secara gratis.

Kegiatan yang dikemas lewat Posyandu setiap bulannya dilaksanakan di desa Torout.

Secara definisi Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.

Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Dalam Posyandu tersebut, Ibu hamil, lansia bayi dan balita secara rutin mendapatkan pemeriksaan kesehatan serta mendapatkan bantuan berupa susu, kacang hijau, bubur/daging ayam, telur serta buah- buahan  yang dianggarkan lewat Dana Desa (DD).

Kamis, 11 Juli 2024, Hukumtua desa Torout, Masrita Mokoginta menyampaikan, bahwa setiap bulannya dan secara rutin pemberian bantuan kepada ibu hamil, lansia, bayi dan balita serta stunting. Anggaran tersebut diambil dari Dana Desa (DD).

“Kegiatan Posyandu Ibu hamil, Lansia, bayi dan Balita serta penanganan Stunting ini tertata dalam APBDes desa Torout Tahun Anggaran 2024. Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Sub Bidang Kesehatan yaitu Kegiatan Penyelenggaraan Posyandu Balita dan Lansia. Kegiatan Posyandu  bersumber dari DD (Dana Desa) APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Anggaran Tahun 2024, terangnya.

(12314)

Leave A Reply

Your email address will not be published.