Ekstra Penanganan, Kondisi Penderita Stunting Desa Lelema Membaik

0 42

MINSEL, Dodokunews- Sejak lahir dan diketahui terdapat bayi stunting,
Pemerintah desa Lelema terus memaksimalkan penangan serta pemberian makanan tambahan dan susu bagi anak tersebut.

Pemerintah lewat kader kesehatan secara rutin memantau tumbuh kembang anak, memberikan susu, telur, ayam serta makanan tambahan setiap harinya.

Dari upaya yang terus dilakukan, anak penderita stunting tersebut mulai pulih dan terlihat lebih sehat dibandingkan sebelumnya. pun berat badannya mulai bertambah dari 8,20 kg (pekan lalu) menjadi 8,50 kg (saat ini).

Hukumtua desa Lelema, Allan Maendoka pada Senin, 03 Juni 2024 menyampaikan bahwa penangan serta pencegahan yang ada menjadi fokus pemerintah desa untuk bebas dari masalah Stunting.

“Kami sampai saat ini terus berupaya semaksimal mungkin mengatasi masalah ini hingga dikemudian hari tidak terjadi lagi”, ucapnya.

Dirinya pun menyampaikan banyak terimakasih kepada Kadis PP-KB Minahasa Selatan, Meity Tumbuan, bersama Forkopimca, kepala puskesmas Tumpaan bersama tim kesehatan yang turun langsung mengecek kondisi penderita stunting sekaligus memantau serta memberikan edukasi lewat posyandu.

Lanjut Maindoka, pemerintah desa Lelema setiap bulannya melaksanakan posyandu bagi balita, ibu hamil, remaja dan lansia.

Posyandu balita dan ibu hamil.
Sumber Pelayanan kepada ibu hamil mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi, konsultasi terkait persiapan persalinan dan pemberian ASI.

oplus_0

Jenis pelayanan untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, penyuluhan dan konseling tumbuh kembang, deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan gizi, dan pemberian suplemen.

Posyandu remaja.
Kegiatan posyandu remaja sama seperti posyandu lainnya, posyandu remaja umur 10-18 tahun juga melakukan kegiatan pengecekan kesehatan dan konseling. Posyandu remaja lebih menekankan pada edukasi kesehatan remaja, atau lebih tepatnya pemberdayaan untuk mengenali diri sendiri dan mengenali masalah dalam diri beserta solusinya.

Posyandu lansia.
penyuluhan kesehatan, senam lansia dan screening lansia (pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan gula darah serta mendapatkan susu serta asupan lainnya, pungkasnya.

Diketahui, penanganan tersebut juga tak lepas atas dukungan dan kerjasama PT Tropica Cocoprima dengan pemerintah desa Lelema dalam penanggulangan serta memberikan bantuan kepada balita stunting.

(12314)

Leave A Reply

Your email address will not be published.