Kumelembuai, Masuk Kategori Desa Berkembang

0 16

MINSEL, Dodokunews- Evaluasi Tingkat Perkembangan Desa (EPDESKEL) Desa Kumelembuai Tahun 2024, dilaksanakan. Dalam penilaian tersebut, desa Kumelembuai memperoleh nilai 427 dengan kategori desa berkembang.

Adapun Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel) sebagaimana disebutkan dalam Permendagri No. 81 tahun 2015 merupakan suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan desa dan kelurahan.

Adapun informasi terkait hasil evaluasi perkembangan desa didapatkan melalui kegiatan pemantauan dan penilaian terhadap tingkat perkembangan desa, dengan menggunakan indikator yang mencakup 3 (tiga) bidang yaitu, Evaluasi bidang pemerintahan meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi/e-government, serta pelestarian adat dan budaya.

Sementara evaluasi bidang kewilayahan meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi.

Selanjutnya evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat. 

Adapun kategori penilaian EPDESKEL meliputi desa Tertinggal, berkembang, maju dan mandiri.

Sebagaimana indikator nominasi kategori desa berkembang, Hukumtua Kumelembuai, Hansye Mintalangi pada Kamis, 28 Maret 2024 menyampaikan bahwa capaian tersebut tak lepas berkat dukungan dari semua elemen masyarakat yang selalu mendukung program pemerintah.

Selaku pemerintah desa Kumelembuai menyampaikan banyak terimakasih kepada perangkat desa BPD, LPMD dan seluruh masyarakat dalam partisipasi epdeskel sehingga boleh masuk kategori desa berkembang, pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kumelembuai, Stafsus Bupati serta pendamping lokal desa.

(12314)

Leave A Reply

Your email address will not be published.