Pemdes Bojonegoro Tuntaskan Penyaluran BLT DD Tahun 2023

0 14

MINSEL, Dodokunews- Pemerintah desa Bojonegoro kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) kepada 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran tersebut bersifat door to door dengan mendatangi langsung warga penerima manfaat. Adapun BLT tersebut diserahkan kepada KPM sebesar 300 ribu perbulan selama 3 bulan.

Adapun besaran yang dianggarkan paling sedikit 10 persen dan paling banyak 25 persen dari anggaran Dana Desa, dengan kriteria KPM BLT DD sesuai aturan yakni, keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga desil 1 data sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, terangnya.

Jadi bila dalam pendataan di Desa itu tidak terdapat data penduduk miskin yang terdaftar dalam keluarga desil 1, Desa dapat menetapkan calon keluarga penerima dari keluarga dari desil 2 sampai dengan desil 4 dan bila semuanya juga tidak ada Desa dapat menetapkan calon keluarga penerima manfaat BLT Desa berdasarkan kriterianya, jelas hukumtua Leida Laoh pada Kamis 28 Desember 2023.

Lanjutnya, Untuk kriteria penerimaan BLT DD yakni pertama kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis atau difabel, keluarga yang tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Pun disampaikannya bahwa penyaluran BLT DD tahun 2023 telah tuntas. Dimana dana desa yang sudah diserahkan kepada 20 KPM sebesar 72 juta (20*12*300.000).

(12314)

Leave A Reply

Your email address will not be published.