Dinkes Minsel Dorong Upaya Pencegahan dan Pemberantasan P2ISPA

0 13

MINSEL, Dodokunews- Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit ISPA (P2ISPA) merupakan hal yang sangat penting karena penyakit ini mudah menular dan dapat menyebabkan kematian.

Menurut WHO tahun 2012, sebesar 78% balita yang berkunjung ke pelayanan kesehatan adalah akibat ISPA. Hal-hal yang bisa terjadi antara lain perdarahan paru-paru, gagal napas akut (acute respiratory distress syndrome/ARDS), hingga kematian, sebelum hal ini terjadi maka diperlukan upaya pencegahan penularan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) dan Perawatannya pada Balita di Rumah.

Kadis kesehatan Minahasa Selatan dr. Wiwin Opod pada, Senin 18 Desember 2023 menyampaikan bahwa permasalahan ini serius dan jangan dianggap remeh.

“Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan orang tua dan kader kesehatan tentang ISPA, mengidentifikasi kejadian ISPA  dan mengidentifikasi target capaian imunisasi pentabio di kabupaten Minahasa Selatan.

Oleh sebab itu dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif serta melaporkan ke dinas terkait jika ditemukan masalah tersebut dan untuk dilakukan pencegahan serta pengobatan, pungkasnya. Advetorial

Leave A Reply

Your email address will not be published.