Pemdes Munte Salurkan BLT DD Triwulan 1 dan Pembekalan SDGs

0 28

MINSEL, Dodokunews- Pemerintah desa Munte Kecamatan Tumpaan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran ini berlangsung balai pertemuan umum desa Munte pada Kamis, 11 Mei 2023 yang disaksikan pemerintah setempat dan pendamping lokal desa.

Hukumtua desa Munte, Oktavian Talopod menyampaikan pemberian bantuan ini dikhususkan kepada
Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tergolong miskin ekstrem.

Lanjutnya, Untuk kriteria penerimaan BLT DD yakni pertama kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis atau difabel, keluarga yang tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, terang Talopod.

Adapun besaran BLT DD yang telah disalurkan kepada 50 KPM berjumlah 45 juta (50 × 300.000 × 3 bulan) terhitung bulan Januari-Maret, ucapnya.

Diketahui, dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Permenkeu RI) Nomor 201/PMK.07/2022, yang dijadikan sebagai landasan mutlak bagi desa dalam mengelola dana desa tahun 2023.

Disebutkan, pada Pasal 36 ayat (1) dan (2). Bahwa calon keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa sebagaimana saya maksud di atas (miskin ekstrem) ialah keluarga miskin yang berdomisili di desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga (desil 1) data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem (Ayat 1).
(Ayat 2) nya. Bilamana tidak terdapat penduduk miskin sebagaimana dimaksud di atas (terdaftar desil 1).

Maka Pemerintah Desa dapat menetapkan calon keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa 2023 dari data (keluarga miskin terdaftar desil 2) sampai dengan (keluarga miskin terdaftar desil 4).

Sebelumnya, penyaluran BLT DD dilaksanakan pembekalan SDGs kepada perangkat dan kader kesehatan dengan pembawa materi dari pendamping kecamatan (P3MD) Stevi Koagow.

Adapun kegiatan ini untuk memberikan pembekalan dan pelatihan langsung kepada kelompok kerja (pokja) didalam pelaksanaan pendataan penduduk baik secara manual dan melalui system aplikasi SDGs. Pendataan yang akan dilaksanakan sangatlah penting sehingga tergambar jelas Demografis Desa Munte dan sebagai dasar acuan pemberian dana desa pada tahun berikutnya.

(12314)

Leave A Reply

Your email address will not be published.