Kerja Nyata, Pemkot Manado Raih HATTRICK Penghargaan Dalam Satu Minggu

0 29

Betapa luar biasa kinerja dari Pemerintah Kota Manado. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu satu minggu saja, Pemerintah Kota Manado menerima tiga penghargaan dalam berbagai kategori.

Penghargaan yang diraih, yakni Universal Health Coverage dari BPJS Kesehatan, Paritrana Award dari BPJS Ketenagakerjaan, dan pada hari ini (20/03/2023), Pemerintah Kota Manado menerima penghargaan Peringkat I PPKM Award untuk wilayah Sulawesi.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan diterima oleh Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta Pusat.

Dilansir situs resmi Kementerian Dalam Negeri, PPKM Award merupakan tanda apresiasi dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam menghadapi ancaman pandemi dimasa mendatang.

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diberlakukan oleh pemerintah pusat pada awal bulan Januari 2021 silam untuk menggantikan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Implementasi awal kebijakan ini dilaksanakan di Pulau Jawa dan Bali. Tetapi pada saat pandemi covid-19 varian delta menyebar luas pada bulan Juli 2021, kebijakan ini kemudian diberlakukan di seluruh Indonesia.

Pemerintah Kota Manado dibawah kepemimpinan AARS baru saja dimulai setelah dilantik pada bulan Mei 2021. Merupakan pilihan yang sulit untuk menerapkan kebijakan PPKM di Kota Manado, namun demi menyelamatkan banyak nyawa kebijakan PPKM ini harus diambil.

Strategi rem dan gas diterapkan terutama untuk menyeimbangkan antara perkembangan epidemiologis dan pertumbuhan ekonomi. Salah satu terobosan utama kepemimpinan AARS adalah program Vaksin Hebat, dengan menggelar pos vaksinasi covid-19 secara meluas di seluruh wilayah Kota Manado.

Hasilnya kemudian terlihat nyata, dengan terbentuknya kekebalan komunitas maka pandemi berangsur mereda dan pertumbuhan ekonomi Kota Manado tetap terjaga bahkan saat ini berada di atas rata-rata level nasional.

Wakil Wali Kota Manado bersyukur atas dianugerahkannya penghargaan Peringkat I PPKM Award kepada Pemerintah Kota Manado. Wakil Wali Kota meyakini, berkat adanya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, pandemic covid-19 dapat diatasi.

“Melalui penghargaan ini pemerintah ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat, bahwa sesuatu yang paling sulit pun bisa diatasi bila ada kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat. Oleh karenanya, saya bersama Pak Wali Kota Manado menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Manado untuk kerja samanya selama pemberlakuan PPKM ini,” tutur Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang.

Hadir mendampingi Wakil Wali Kota dalam penganugerahan PPKM Award ini, Kepala Satpol PP Kota Manado Bpk. Johannis Waworuntu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Steaven Dandel, MPH, beserta Kepala Bagian Protokol Innov Walelang. (***/tas)

Leave A Reply

Your email address will not be published.