Paripurna Istimewa DPRD Digelar Meriah di Hari Jadi Kabupaten Minsel Ke-20 Tahun

0 15

MINSEL, Dodokunews- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan sidang Paripurna dalam rangka hari jadi Ke-20 Tahun. Dan sebagai Tema tahun 2023 ini yakni” Bangkit Minselku, Sejahtera Masyarakatku”.

Rapat ini berlangsung di kantor DPRD pada Jumat, 27 Januari 2023 yang dihadiri langsung oleh Bupati Franky Wongkar, SH bersama Wakil Bupati Pdt. Petra Rembang, M. Th serta mewakili Gubernur Sulawesi Utara, Ir. Ronald Sorongan selaku kadis Koperasi dan UKM.

Jalannya sidang Paripurna dipimpin oleh Plt. Ketua DPRD Stevanus Lumowa yang didampingi wakil ketua Paulman Runtuwene. Pun segenap unsur Forkopimda, sekda, Organisasi Perangkat Daerah ((OPD), pejuang pemekaran Minsel, mantan pejabat Bupati dan wakil Bupati, anggota DPRD dapil Minsel-Mitra serta camat/ hukum tua dan para tamu undangan.

Dalam rapat tersebut, Lumowa menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi kepada Gubernur Olly Dondokambey serta Wakil Gubernur Steven Kandouw yang telah membangun daerah nyiur melambai lewat gagasan dan ide cemerlang sehingga boleh dikenal, dan pintu gerbang asia pasifik, ucapnya.

Pun berterimakasih kepada Bupati Franky Wongkar dan wakil Bupati Petra Rembang (FDW-PYR) yang telah menghasilkan karya nyata bahkan sudah dinikmati masyarakat Minahasa Selatan.

Karya nyata yang sudah dirasakan masyarakat antara lain bantuan beasiswa, penyandang disabilitas, santunan dana duka, kesehatan, pertanian, pendidikan, sarana/prasarana dan sebagainya. Pun dilaksanakannya pembangunan hunian sementara dan hunian tetap (sementara dikerjakan), pembangunan pasar 54 amurang dan masih banyak lagi.

Selanjutnya kata Lumowa, telah menorehkan pencapaian keberhasilan di tahun 2022 yaitu penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia 6 kali berturut-turut, penghargaan kategori kepala daerah terbaik pendukung investasi dari Dewan Provinsi Sulawesi Utara Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Penghargaan pengelolaan program malaria terbaik oleh Kemenkes Republik Indonesia, piagam peringkat 1 tingkat nasional lomba inovasi imunisasi dasar lengkap yang diraih oleh puskesmas ongkaw, oleh Asosiasi Puskesmas Indonesia (Apkemsi).

Juara I evaluasi perkembangan desa/kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Utara oleh Desa Wiau Lapi Kecamatan Tareran dan juara 5 kategori lomba kelurahan oleh Kelurahan Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat.

Kontingen Minahasa Selatan berada di posisi 9 dalam Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Utara ke-9 di Kabupaten Bolaang Mongondow, penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi lewat Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Utara sebagai daerah responsif Pelaksana Sekolah Penggerak (PSP) terbanyak angkatan III.

penghargaan juara 1 lomba Kampung KB di tingkat provinsi yang diraih Desa Tangkuney Kecamatan Tumpaan dan mendapat juara 3 di tingkat nasional serta piagam apresiasi pembinaan program kampung iklim tingkat kabupaten/kota se-Indonesia tahun 2022 yaitu Desa Wowontulap Kecamatan Tatapaan dan Desa Rumoong Bawah Kecamatan Amurang Barat. “Dengan harapan pencapaian maupun prestasi yang sudah diraih dapat dipertahankan”, pungkas Lumowa.

 

Dalam kesempatannya, Bupati Franky Wongkar menyampaikan rasa syukur atas berkat penyertaan Tuhan sehingga Kabupaten Minahasa Selatan boleh menapaki usia yang ke-20 Tahun.

Disampaikan Bupati, Kabupaten Minahasa Selatan memilik tanah yang subur dan sumberdaya alam yang sangat melimpah. Ini adalah berkat dan satu kebanggaan yang patut kita syukuri bersama, ucapnya.

Dikatakan Bupati, pemerintahan FDW-PYR sejak dilantik menjadi pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan telah melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan baik yang sudah ada maupun yang sementara dikerjakan.

” Mari kita semua untuk secara bersama-sama membangun daerah kita tercinta Minahasa Selatan untuk lebih hebat dan terdepan sebagaimana Fisi” Minahasa Selatan Maju, Berkepribadian dan Sejahtera”, ajak Bupati Franky.

Terpisah Ir Ronald Sorongan mewakili pemprov Sulut mengucapkan selamat hari jadi ke-20 tahun Kabupaten Minahasa Selatan. Dirinya mengingatkan agar jalinan sinergitas baik pemkab Minahasa Selatan dan Pemprov Sulut terus ditingkatkan, pun terus mendukung upaya pemerintah baik pusat maupun propinsi dalam percepatan guna kemajuan bersama, pintanya. (advetorial)

Leave A Reply

Your email address will not be published.